Rabu, 05 Januari 2011

THE DARK SIDE IN PARADISE

Barat mempromosikan bali sebagai tempat sorgawi nan damai tempat dewa-dewi bersemayam.Namun buku ini''THE DARK SIDE IN THE PARADISE''mengungkap sisi kelam kekejaman bersimbah darah akibat gesekan politik.


Pertumpahan darah sudah terjadi saat agresi majapahit,dan pada saat majapahit runtuh muncul kerajaan2 kecil dibali dan sering berperang.


Kekerasan antara kerajaan mereda setelah bali masuk koloni penjajahan jepang dan belanda.tetapi pada saat inilah terjadi perubahan pranata sosial lama bali.


Pada masa jepang seorang sudra bisa menjadi komandan peta atau heiho,sehingga bisa memerintah kepada kasta yang lebih tinggi.Tatanan sosial semakin berantakan semenjak partai politik ada sebagai cerminan demokrasi.PKI yang pada umumnya berkasta rendah mulai berani menuntut tuan tanah yang umumnya berkasta lebih tinggi.


Pada akhir tahun 1965,meletuslah kegelisahan sosial itu kepermukaan dalam bentuk pembantaian massal.Pembantaian di bali sendiri jauh lebih banyak dari pembantaian di jawa.Konon 80.000 orang dibantai pada periode tersebut.Tanah yang dibilang surga ini pernah berubah menjadi neraka kekejaman di nusantara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar