Senin, 07 Mei 2012

Alasan Komputer Wajib Shut Down

Setiap kali kita menggunakan komputer ,setelah selesai kita wajib melakukan proses shut down,nah biasanya kita suka males melakukan  proses tersebut karena terlalu lama menunggu.Biasanya kita langsung cabut stop kontaknya.Nah yang sering melakukan hal tersebut mendingan baca dulu artikel ini deh...

Bila terlalu sering mematikan komputer dengan mencabut langsung stop kontaknya tanpa melakukan proses shut down,ada beberapa kendala yang bisa terjadi:

1.Pada saat proses shut down komputer akan melakukan registrasi ulang komponen komputer yang sering terpakai dan software serta data yang dipakai atau di delete.Kalau kita mematikan komputer secara langsung,maka data dan software yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registrasi sehingga bila terjadi masalah,komputer tidak dapat mengadakan sistem recofery berdasarkan tanggal dan waktu yang ditetapkan.

2.Pada saat proses shutdown,prosesor melakukan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan2 komponen peralatan,sehingga arus atau daya yang dipakai diputus secara normal.Nah kalau mematikan komputer secara langsung maka komponen komputer secara mendadak mati sehingga lama kelamaan akan dapat merusak komponen komputer.

3.Pada saaat shutdown  fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk mendinginkan prosesor,kalau mematikan secara langsung proses pendinginan akan lambat dan merusak prosesor itu sendiri.

4.Pada saat proses shutdown,sistem memory akan dikosongkan,sehingga bila komputer dipakai lagi memory sudah benar-benar dalam keadaan refres.Bila dimatikan secara langsung besar kemungkinan memory akan rusak.

5.Pada saat proses shutdown hardisk bekerja untuk menyimpan data yang diperintahkan processor serta menyalin data komponen serta software kedalam registrasi komputer kemudian haed hardisk akan kembali keposisi awal(ke posissi tidak membaca hardisk),nah jika mematikan langsung akan sebaliknya dan hardisk akan cepat rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar